Parallel Port

Motivasi tulisan ini sebenarnya berasal dari blognya om ozzie [Intel 8255 on Slackware 7.1] yang ditulisnya hampir 2 tahun yang lalu, gara-gara baca postingannya sampe sempet kursus microcontroler di Depok. Tapi sayangnya saya ga terusin karena materi yang saya dapat tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Saya pengennya praktek bikin kaya yang ditulis di blognya om ozzie tapi dapetnya materi programing bahasa assembler, secara waktu saya masih awam dengan microcontroler [sekarang juga masih awam sih, hehe :D] so pas daftar kursus dapetnya yang Basic. But no regret for that all… πŸ™‚

Nah sekarang saya telah membangkitkan kembali semangat-semangat terpendam dahulu untuk mempraktekan apa yang telah diposting di blognya om ozzie, walaupun dengan modal ilmu seadanya plus kenekatan plus pernah kesetrum plus baca-baca referensi dari buku maupun internet saya pun melaju, jiaa…

Walaupun agag berbeda dengan om ozzie yang menggunakan PPI 8255 + Slackware 7.1 [yang penting dapet semangadnya bro], disini saya memanfaatkan Paralel Port atau Port Printer + Windows ajah :D. Saya coba yang kira-kira saya mampu dulu. Btw paralel port dengan PPI 8255 sama ajah ya? Anybody could explain to me? I’ll be very glad you know…

Apa sih paralel port? Paralel port ya port yang biasa dipake buat koneksi antara printer dengan komputer [gampangnya sih kek gitu :p] makanya sering juga disebut sebagai printer port. Bentuknya seperti huruf D, terdiri dari 25 pin dan biasanya terletak dibelakang CPU.

Ternyata setelah baca sana-sini, kegunaan paralel port ga hanya untuk koneksi ke printer ajah tapi bisa juga dihubungkan dengan peralatan elektronik di sekitar kita.

Pengennya saya sih yang gampang ajah, yaitu bagaimana saya bisa matiin lampu dikamar tapi dari PC, hehe. So apa yang harus saya lakukan? Ya praktek, secara khan udah punya modalnya.

Pertama-tama saya harus paham dulu konsep kerja dari paralel port minimal di otak saya kegambar lah. Pin dari paralel port ada 25 tapi kita bisa memanfaatkan 8 pin keluaran [data lines] dan sinyal ground [signal ground] ajah. Nah pin keluaran tersebut akan berdaya 0V ketika dalam low logic level (0) dan +5V ketika dalam high logic level(1).


Nah 8 pin keluaran + sinyal ground inih yang nantinya saya hubungkan dengan relay board, terus dari relay board ke peralatan elektronik deh [sampe juga ke inti cerita, huh].

Ngomongin relay board ada cerita lagiΒ  nih, kemaren waktu belinya ditanya sama mas-mas yang jual karena sebelumnya saya mo beli kabel printer juga tapi gak ada, sehinnga akhirnya terkuaklah pertanyaan: “Emangnya mo bikin apa mas?” tanya mas-mas, saya jawab ajah: “Mo bikin interfacing pake VB mas melalui parallel port”. “Wah mesti pake mikon/kit itu mas, tapi kalo mas mo coba ya silahkan [sambil mewanti-wanti saya akan kerusakan yang mungkin terjadi]” balas mas-mas. Dalam hati: “Wah gara-gara gagal nih praktek” secara udah 2 tahun baru semangad mo nyoba lagi eh jadi ketar-ketir denger perkataan mas-mas tadi palagi pasti khan mas-mas itu pasti paham bangat sama microcontroler/instruments electronics. But thank’s mas buat wanti-wantinya, apa mo dikata gairah pengen nyoba postingannya om ozzie udah ga tertahan. Duh ga fokus lagi nih topik, hehe…

Lah kalo relay board apaan? Mmm, pemutus arus listrik? Teori lagi nih, dah ah praktek.. kekekeke…

Bismillah,,,
Relay Board

Akhirnya kebeli juga nih relay board,,,

Relay Board lagi

Tuh ada skemanya, sok dipelajari.. πŸ˜€

Hack Gamepas

Karena ga dapet kabel printer maka konektor Gamepad pun jadi, xixixi…

Hack gamepad+hack relay too

Ga ada konektor buat relay yang 10 pin, hmm…

Combine+Solder

Solder!!! Awas panas!!!

Relay Board Ready To Use

Akhirnya selesai sudah perangkaian antar komponen, sebagai bahan testing saya gunakan bohlam 40W [biar terang sekalian, wkk]

Oh ya saya juga bikin interfacenya pakai VB6 …

interfacing1

interfacing2

Let’s taste it,

Alhamdulillah…

Lastly >> Saya ga tau ternyata ada bokap dibelakang lagi ngeliatin saya praktek, then he said: “Lagi ngerakit BOM lo?” me: “????”

Parallel Port

15 thoughts on “Parallel Port

  1. Si Siti Adunx Jenar says:

    wkwkwkwwk
    keren keren lampunya bisa merem melek gitu.
    trus lo juga jalanin radio pake paralel port yah rul. kaset kukuruyuk.
    parah dah … ada kukuruyuknya …

  2. @Si Siti Adunx Jenar: haha, kalo yang kukuruyuk itu natural dunx, tau tuh pengen eksis di dunia maya juga kali tuh ayam,,, kekekeke…

  3. daniel says:

    bueh… mau dong say kit nya.. bli dimana? nitip ya… ada yg serial kah??

    good job bro… mantab to.. enak to.. tak GENDONG.. halah.. kok malah mbah surip…

  4. @daniel: Deket Om, di Depok… Klik ajah gambarnya, ada linknya kok. Seru OM maen genean… Nyengir terus dah pokoknya, kesetrum soale,,, kekeke…

  5. endar says:

    hmm… Keren Kang… πŸ˜€
    tuh lampu merem melek apa lampunya yg ngantuk?

    kang skalian bikin yg bisa nyiramin taneman Kang.. biar lu kagak disuruh2 nyiram tiapa pagi ma sore kan lumayan tuh…
    Sekalian juga yg bisa buat ngankat jemuran setiap jam 12 siang bisa gak?

  6. daniel says:

    ups.. i’m back brother.. just wanna asking you.. i’ve tried this very awesome things.. (with visual basic 6).. but.. have you facing problem like i was? i try to make all 8 relays turned on in same time.. but why it can’t? all relay turned off when i try to make it all ON in same time…

    can’t you give some suggestion brother??..

  7. @daniel: no, hehe… but you can just set the value to 0 to turn off it all. Or you can try yourself the source code i had found… πŸ™‚

    Goodluck bro..
    [Blog already updated!]

  8. @wira: Step2nya seperti diatas, tinggal ikuti saja… intinya sih dicoba dulu… πŸ™‚

    @KiosDigital: Silahkan didonlot bro, moga manfaat… πŸ™‚

  9. Dans says:

    Busyett… Akhirnya nemu jg ma org yg sama2 penasaran ma postinganya mas ozzie, tp ni dah bs dikendalikan pake sms blm om? Dan supaya bs dikendalikan pake pc2 dengan kannel kayak mas ozzie. Kasih tau dong om caranya?

Leave a Reply

