“Eksperimin” Babak 2

Setelah percobaan pertama berhasil, ya boleh dikata begitulah kekeke… πŸ˜› ternyata masih ada semangad-semangad yang tertinggal, so sayang khan kalo ga dimanfaatin…

Berikut adalah beberapa beberapa eksperimin yang saya lakukan selama sepekan ini. Oh ya, mengapa saya bilang eksperimin bukan eksperimen? IMO yang saya lakukan adalah bukan suatu hal yang besar, cuma iseng kecil-kecilan ajah, hehe… πŸ˜›

Eksperimin I: Lampu Hias

Oke, sebenarnya setelah bermain dengan parallel port + relay + bohlam 40W kemarin saya jadi tertarik sama lampu-lampu kecil [led], jiaa… Pengen modding PC jadinya. Langsung ajah bongkar speker aktip, karena perasaan di situ ada lednya. Siapa tau kalo dicoba-coba colokin kasih daya 12V nyala, kekeke namanya juga coba-coba.

Tuh khan ada lampunya, bukan led tapi lampu hias. Pikir-pikir sejenak, kira-kira kuat ga ya lampu bginian dikasih daya 12V ntar angus lagi! Ahhh, sabodo teing, colok ajah langsung ke PSU and… It’s cool bro! Kelap-kelip kek warung remang-remang, wkk…

lampu nganten

Lampu hiasnya…

Sayangnya cuma ada 2 buah yang nyala, 8 sisanya mati!

Eksperimin II: Led Blink-blink

Hari selanjutnya…
Hmm, keknya 2 lampu kurang seru. Butuh yang lebih hidup dan lebih berwarna-warni. Kaga tau mo beli dimana lednya [yang pasti sih di Glodok banyak] searching di internet ajah and… Ahai ada yang jual! Beli sekalian sama fan yang blink-blink juga, so selain menarik perhatian juga bisa menyejukan saya punya CPU, hehe… πŸ˜€

LED

Ayo dirangkai dulu…

LED 2

Abis ntu tinggal di selip-selipin ajah di CPU…

Looks better… πŸ™‚

Eksperimin III: Winamp Plugin Meter

Nah eksperimin yang ke-3 ini rada berhubungan sama parallel port. Lagi nyari referensi tentang led eh nemu link ini. Jadi plugin winamp ini memvisualisasikan suara yang dikeluarkan winamp ke lampu led melalui parallel port.

wnp 1

Rangkai 8 buah led untuk dihubungkan ke parallel port…

wnp 2

Setelah terangkai, hubungkan dengan parallel port

It’s awesome…

Eksperimin IV: Turn it off !!!

Kalo eksperimin yang ke-4 ini emang sengaja dihubung-hubungin, antara postingan yang ini dan yang ini. Terus apa jadinya? Ya jadinya begitu! πŸ˜›

Pertama-tama saya seting PC saya sebagai SMS Gateway dengan engginenya pakai Gammu, selain itu saya jadiin PC saya ini sebagai pengontrol alat-alat kelistrikan di sekitarnya dengan memanfaatkan parallel port dan relay board. Abis itu bikinin sebuah program yang mendeteksi kalo ada sms masuk. Nah kalo ada sms masuk dengan format yang sudah ditentukan maka program akan mengeksekusi perintah yang dikirim melalui sms tersebut sehingga berpengaruh pada peralatan kelistrikan yang bersangkutan.

Saya menggunakan perintah sms: Relay n ON/OFF untuk mengontrol alat kelistrikan di kamar saya. Dimana n adalah nomor relay [0-7] dan ON/OFF digunakan untuk menentukan status alat kelistrikan yang bersangkutan [hidup/mati].

Pada eksperimin ini, speker aktip saya terhubung pada relay nomor 6. Jadi ketika saya kirim sms: Relay 6 ON, maka secara otomatis speker aktip di kamar saya hidup. Pun sebaliknya, kalo saya kirim sms: Relay 6 OFF maka PC di kamar saya akan bertindak tegas kepada speker aktip untuk membuatnya diam seketika itu juga! Wkk… πŸ˜€

Seperangkat komputer + Spker aktip seadanya...

PC + speker aktip seadanya…

Cerita ilustrasi:
Lagi asik-asik bercengkrama dengan my lovely PC sambil dengerin lagu enak, eh tiba-tiba emak nyuruh beli minyak tanah. Sebagai anak berbakti kepada orang tua berangkatlah saya menuju TKP. WTF!!! Ngantri panjang ajah! Damn, speker aktip masih hidup dirumah malah harus ngantri minyak tanah lagi [maonya dimatiin dulu gitu biar hemat listerik]…
Aha!!! Kirim SMS ajah dan masalah selesai, segitu ajah kok repot!!! Kirim SMS ke emak maksutnya, minta tulung matiin speker aktip di kamar. Jiaaa… πŸ˜€

Alhamdulillah…
Makes your imagination comes true!

“Eksperimin” Babak 2

2 thoughts on ““Eksperimin” Babak 2

  1. Yazib says:

    Kang bisa minta listing utk program sms-nya nggak, lg butuh nih kang buat tugas kuliah ku…

Leave a Reply

