Python function list parser

Berikut adalah konfigurasi notepad++ agar dapat menampilkan daftar fungsi pada FunctionList. Ini akan mempermudah membaca source code python tentunya. 😀

Buka file functionList.xml (gunakan selain editor notepad++), biasanya terdapat di direktori: %appdata%\Notepad++\ kemudian tambahkan/sisipkan baris2 berikut diantara node <parser> :

<parser id="py_function" displayName="Python class" commentExpr="(#.*?$|'''.*?('''|\Z))">
    <classRange mainExpr="(?<=^class ).*?(?=\n\S|\Z)">
        <className>
            <nameExpr expr="\w+(?=[\(|:])"/>
        </className>
        <function mainExpr="(?<=def ).+?(?=:)">
            <functionName>
                <funcNameExpr expr=".*"/>
            </functionName>
        </function>
    </classRange>
    <function mainExpr="(?<=def ).+?(?=:)">
        <functionName>
            <funcNameExpr expr=".*"/>
        </functionName>
    </function>
</parser>

lalu tambahakan/sisipkan baris berikut diantara node <associationMap> :

<association langID="22" id="py_function"/>

Simpan. Jalankan notepad++ dan buka file berekstensi *.py. Tada !!!

Src: http://sourceforge.net/p/notepad-plus/discussion/482781/thread/515001cd/

Python function list parser

Edit GoPro time-lapse dengan Vegas

Hari ini saya sengaja nyempetin waktu beresin/ngeraphin kamar yang udah hampir 2 bulan berantakan karena lebih asik belajar nyolder. Iseng ngerekam kegiatan tersebut pake kamera GoPro yang udah lama juga ga dipakai.

Sebelumnya kalo mo ngedit hasil time-lapsenya GoPro biasanya pake software bawaannya, tapi karena terlalu lama prosesnya; sekarang saya coba menggunakan software Vegas Pro 10.

Kebetulan caranya sudah ada yang share di Youtube, jadi ini hanya sebagai catatan saya aja 😀

1. Pertama, tentukan dulu nanti video akan dirender dengan frame-rate berapa.
2. Kemudian seting frame menjadi 1 per detik (atau 1 gambar per detik), caranya isi detik pada kolom New still image length (second) pada Tab Editing melalui menu -> Preferences -> Option
3. Rumus untuk mendapatakan 1 frame perdetik bisa dihitung dengan cara: 1/frame-rate. Misal jika nanti akan merender video dengan frame-rate 25 fps, maka 1/25=0.042 (0.042 yang diisi pada kolom New still image length (second)
4. Setelah itu masukan gambar yang akan diproses
5. Kemudian seting template pada project properties menjadi Match Media Settings (Pilih salah satu gambar sebagai acuan template)
6. Simpan sebagai project pertama

7. Buat project video baru dengan setingan frame-rate yang telah ditentukan pada awal tadi
8. Masukan/Import project pertama tadi kedalam project baru ini
9. Kemudian tambahkan lagu jika ingin
10.Proses Render.

Oia, setingan time-lapse pada GoPro saya set menjadi 1 gambar/10 detik. Proses capture dari jam 9.00 sampai 17.00, menghasilkan sekitar 1132 gambar (5,27GB).

Berikut ini, time-lapse hasil render saya 🙂

Edit GoPro time-lapse dengan Vegas

Simple AVR ISP Programmer

Simple avr-isp programmer

 

Rangkaian AVR ISP Programmer menggunakan interface port paralel lpt (db25). Untuk softwarenya bisa menggunakan PonyProg.

Cara menggunakannya semudah membuat rangkaiannya.

simple avrisp db25

1. Hubungkan Programmer ke PC dan ke mikro kontroler.

2. Buka PonyProg, pilih Interface Setup pada menu Setup.

3. Pada jendela I/O port setup, pilih option Parallel dan pilih Avr ISP I/O. klik Ok.

4. Buka jendela Callibration pada menu Setup, pilih Yes setelah tampil.

5. Pilih tombol Open Program (Flash) pada toolbar, kemudian pilih filenya.

6. Terakhir, pilih tombol Write Program Memory (Flash), pilih Yes, tunggu hingga proses menulis selesai.

referensi:

Simple AVR ISP Programmer

PostgreSQL – Updating Tables Sequence

-- PostgreSQL - Updating Tables Sequence
-- Sumber : http://wiki.postgresql.org/wiki/Fixing_Sequences

SELECT  'SELECT SETVAL(' ||quote_literal(quote_ident(S.relname))|| ', MAX(' ||quote_ident(C.attname)|| ') ) FROM ' ||quote_ident(T.relname)|| ';'
FROM pg_class AS S, pg_depend AS D, pg_class AS T, pg_attribute AS C
WHERE S.relkind = 'S'
    AND S.oid = D.objid
    AND D.refobjid = T.oid
    AND D.refobjid = C.attrelid
    AND D.refobjsubid = C.attnum
ORDER BY S.relname;
PostgreSQL – Updating Tables Sequence

PostgreSQL: Restore data directory from previous installation

Berikut adalah cara untuk mengembalikan/mengambil/menyelamatkan data pada instalasi postgres yang mengalami kerusakan atau crash :

1. Copy direktori data dari direktori instalasi postgres sebelumnya, biasanya C:\PF\Postgres\versi\data
2. Kemudian paste pada suatu drive atau direktori baru, misal: C:\oldpg\data
3. Pada sistem yang memiliki instalasi postgres yang baru/sehat, masuk ke direktori bin
4. Buka command prompt, ketikan perintah berikut :

>pg_ctl initdb C:\oldpg\data
>pg_ctl register -N PgOld -Upostgres -Pp -D C:\oldpg\data

5. Perintah di atas akan membuat service baru dengan nama PgOld
6. Jalankan service PgOld

>net start PgOld

7. Buka pgAdmin, seharusnya sekarang data yang lama sudah ada kembali

Tambahan:
1. Jika ada error dengan postmaster.pid, hapus file postmaster.pid yang ada pada direktori data dari postgres yang lama
2. Jika tidak bisa login setelah melakukan 7 langkah diatas, editlah file pg_hba.conf dan beri keterangan “trust” pada kolom method

# TYPE  DATABASE        USER            CIDR-ADDRESS            METHOD

# IPv4 local connections:
host    all             all             127.0.0.1/32            trust

Cuma itu.

PostgreSQL: Restore data directory from previous installation

Basic ADB Usage

ADB = Android Debug Bridge merupakan program yang digunakan pengembang aplikasi Android untuk berkomunikasi dengan perangkat Android.

Berikut adalah perintah dasar yang sering digunakan:

Melihat perangkar Android yang terhubung

#adb devices

Menginstal aplikasi

#adb install <file apk>

Mengirim file ke perangkat Android

#adb push <file sumber (local)> <tujuan (remote)>

Mengambil file dari perangkat Android

#adb pull <file sumber (remote)>

Melihat Log

#adb logcat

Menyimpan Log

#adb logcar > log.txt

Mengakses linux terminal:

#adb shell

Perintah dasar di linux terminal

#cp -> mengkopi file
#mv -> memindahan file
#chmod -> memberikan izin
#chown -> menyeting kepemilikan
#rm -> menghapus file
#cd -> pindah direktori
#rmdir -> menghapus direktori
Basic ADB Usage

Remote Android From PC

Ga bisa tidur malam ini seperti biasa,,, Iseng browsing pake LWW,,
Eh kepikiran bagaimana caranya supaya bisa remote LWW yang ber-OS-kan Android dari PC.

Googling sebentar, ketemu deh caranya, haha (apa sih yang ga ada di database-nya om gugel).

Untuk bisa remote Android dari PC cukup dengan aplikasi androidscreencast.

Caranya:

1. Konek Android ke PC pakai kabel data
2. Cek koneksi pake ADB Tool -> #adb devices
3. Jalankan androidscreencast -> butuh JVM

Supaya bisa dikontrol pakai mouse, jalankan perintah berikut:

C:\Android-SDK\Tools\ADB.exe Shell
#su
#chmod 777 /data/dalvik-cache
#cd /data/dalvik-cache
#chmod 777 ./

Done.

Remote Android From PC